Tips Kehamilan: Mengatasi Naik-Turunnya Mood

Tips kehamilan berikut ini untuk Anda yang mengalami naik-turunnya mood. Tidak bisa dipungkiri jika di masa kehamilan hal sekecil apapun mampu membuat Anda naik darah, mood pun tidak menentu. Naik-turunnya mood karena perubahan hormon ini dapat diatasi melalui beberapa cara seperti :

Meminta bantuan orang lain

Wanita biasanya akan merasa lebih baik setelah berbagi pengalaman yang sama dengan wanita lain. Oleh karena itu, jika Anda mengalami naik-turun mood ada baiknya meminta bantuan pada orang lain.
Margaret Howars, asisten profesor dan masalah kejiwaan di Universitas Brown, Amerika Serikat mengungkapkan, "Pikiran negatif bisa semakin berkembang saat Anda sendiri." Oleh karena itu Howard menyarankan bagi para wanita hamil yang moodnya mengalami naik turun, segeralah meminta bantuan orang lain di kala sedih melanda. Bisa dari keluarga, teman atau wanita hamil lainnya. Hal ini tentu dapat membantu Anda mengurangi rasa yang berlebihan atau bahkan Anda sendiri pun merasa aneh.

Mempermudah hidup

Tidak bisa disangkal lagi pekerjaan menjadi seorang ibu itu sangat melelahkah dan terkadang membuat depresi. Bila Anda juga harus mengurus rumah tangga, belum lagi jika Anda seorang wanita karir dan ditambah sedang hamil sekaligus mengasuh anak, ini tentu menjadi hal yang sangat berat untuk hari-hari Anda. Untuk menghindari stres yang berlebihan akibat rutinitas sehari-hari yang Anda hadapi, ada baiknya untuk meluangkan waktu dan mengevaluasi hidup Anda. Setidaknya hal ini dapat membantu Anda mengurangi beban yang dirasakan setiap hari.

Buatlah daftar pekerjaan apa saja yang Anda lakukan, lalu dibutuhkan berapa lama untuk mengerjakannya. Jangan lupa memberikan penghargaan untuk diri sendiri, cobalah melupakan hal-hal yang sebenarnya tidak penting dan mulailah belajar berkata "tidak".

Memperbaiki hubungan dengan suami

Pada umumnya, setiap pasangan akan menurun tingkat kepuasannya pada hubungan intim mereka setelah buah hatinya lahir, hal ini diungkapkan dari beberapa hasil penelitian. Namun jika Anda bisa mengantisipasi dan berusaha memperbaiki hubungan dengan pasangan sebelum hal itu terjadi, tentunya masalah ini bisa diatasi.

Berbagilah cerita baik itu hal negatif maupun positif, dengan begitu dapat membuat lega Anda dan pasangan. Ada baiknya Anda dan pasangan meluangkan waktu untuk bersenang-senang, seperti berkencan atau kegiatan lain yang Anda dan pasangan sukai.

Melepaskan stres dan rileks

Sebuah penelitian di Universitas of Basel mengungkapkan, stres pada wanita hamil bisa mempengaruhi plasenta. Stres yang berlebihan pada wanita hamil tidak hanya menyulitkan Anda tetapi juga sang bayi. Oleh karena itu cobalah untuk menghilangkan stres, salah satunya dengan melakukan yoga dan meditasi.

Sayangilah diri Anda sendiri dan luangkan waktu untuk beristirahat. Tidak hanya sehat untuk kesehatan sang ibu, tetapi juga janin. Semoga bermanfaat tips kehamilan ini bagi Anda yang tengah mengalami naik-turunnya mood.

No comments:

Post a Comment