Mengapa Bayi Sering Menggeliat(Ngulet)

Ngulet adalah gerakan yang biasa dilakukan oleh bayi bahkan kata orang dewasa pun biasa melakukannya. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan ketika bayi sering menggeliat/ngulet, karena belum ada penelitian   yang   membuktikan   adanya   indikasi gangguan pada bayi. Ngulet pada bayi menandakan kemampuan motorik bayi berkembang baik karena pada saat bayi ngulet, seberapa bagian tubuhnya bergerak sekaligus secara bersamaan  seperti kedua tangan, kaki  pantat dan punggung. Jika bayi mempunyai kelainan pada otot-otot tubuhnya maka menggeliat sekecil apapun akan sulit dilakukan. Menggeliat bisa diartikan seperti gerakan stretching (pemanasan otot).
Pemicu bayi menggeliat tubuhnya:
Lama tak beraktivitas
Lama tidur menyebabkan otot-otot menjadi statis sehingga bayi menggeliat untuk meregangkan otot-ototnya. Dengan begitu otot menjadi lebih relaks.
Terasa pegal   
Bayi pun bisa merasa pegal akibat beberapa hal misalnya disebabkan oleh tidur yang terlalu lama, perjalanan jauh, posisi  menggendong yang tidak nyaman,dan lainnya.Rasa pegal  menimbulkan ketidaknyamanan sehingga bayi berusaha mengatasinya dengan cara menggeliat.Selain itu kita bisa  membantunya dengan cara melakukan pemijatan untuk melancarkan peredaran darahnya. Pemijatan bisa dilakukan di daerah sekitar punggung,kaki,tangan,dan lainnya  untuk menghilangkan rasa pegal.
Kembung/ Kolik
Kemungkinan perutnya kembung, bnyk berisi gas atau bisa jg kolik. Dia menggeliat bisa jd sdg berusaha mengeluarkan  gas dlm perutnya. Penanganannya berikan minyak telon/minyak kayu putih di perutnya.
Kurang Sendawa
Kemungkinan lain anak suka menggeliat, dia kurang sendawa. Kalo auusah sendawa yg ditepuk2 itu, tengkurapin aja anaknya. Nanti sendawa sendiri waktu mengangkat kepala.

Source: http://www.farmasiku.com/index.php?target=pages&page_id=Kebiasaan_Bayi

No comments:

Post a Comment