Sakit Punggung Saat Hamil Jangan Diabaikan

Selama hamil, keluhan sakit punggung adalah hal yang seharusnya terjadi. Bagaimana tidak? Berat badan naik, gaya berjalan pun berubah, hormon-hormon membuat semua otot dan ligamen di seluruh tubuh menjadi tegang.
Meski demikian, sakit punggung jangan diabaikan. Malah harus diperhatikan. Sebenarnya sakit punggung dapat diobati atau malah dicegah. Bagaimana caranya?
Berikut adalah tip dari Mayo Clinic untuk mengatasi sakit punggung selama hamil.
1.       Postur tubuh yang benar
Pusat gravitasi ibu hamil akan semakin mengarah ke depan, sejalan dengan semakin bertambahnya masa kehamilan. Untuk menghindari agar tidak terjatuh ke depan, ibu hamil biasanya akan berusaha untuk menegakkan badan dengan membawa badan ke belakang.
Gerakan itu membuat punggung bagian bawah terbebani dan sakit punggung pun tak terhindarkan. Karena itu, cobalah untuk melakukan beberapa hal berikut agar postur tubuh tetap terjaga, walau sedang hamil:
·         Berdiri dengan tegak
·         Dada dibusungkan
·         Bahu tetap ke belakang dan rileks
·         Jangan dempetkan kedua lutut.
Ketika berdiri, usahakan kedua kaki dalam posisi paling nyaman. Bisa jadi dengan posisi sedikit berjauhan satu sama lain. Jika harus berdiri dalam waktu lama, istirahatkan salah satu kaki di atas bangku kecil (dingklik). Dan duduklah sekali-kali.
Postur tubuh yang benar berarti punggung bawah. Punggung atas dan leher selalu dalam posisi santai, tapi tegak. Kalau perlu, angkat kedua kaki dan letakkan di atas bangku yang lebih rendah.
2.       Pakaian yang cocok
Pakailah sepatu bersol rendah. Kenakan juga celana khusus hamil dengan garis pinggang rendah dan dapat mendukung perut.
3.       Hati-hati saat mengangkat barang
Ketika mengangkat benda kecil, berjongkoklah dan angkat badan dengan kedua kaki. Jangan membungkukkan pinggang atau mengangkat dengan punggung. Selain itu, jangan mengangkat benda yang berat. Tidak ada salahnya untuk meminta tolong untuk mengangkat benda tertentu.
4.       Tidur menghadap kiri atau kanan
Jangan tidur telentang. Baringkan tubuh ke salah satu sisi, kiri atau kanan. Salah satu atau kedua lutut ditekuk. Meletakkan bantal di antara kedua lutut juga membantu dan satu bantal lain di bawah perut.
5.       Pijat atau memakai heating pad
Pakailah heating pad untuk menghangatkan punggung. Atau bergantian antara kompres panas dan dingin. Mengusap-usap punggung juga bisa membantu mengurangi sakit. Lebih baik lagi jika ada orang lain yang bisa mengusap punggung Anda. Atau jadwalkan pijat prenatal dengan pemijat profesional.
6.       Masukkan kegiatan fisik dalam rutinitas sehari-hari
Latihan fisik secara reguler dapat membantu memperkuat punggung dan bisa menghilangkan sakit punggung selama hamil. Dengan persetujuan dokter, lakukan aktivitas ringan, seperti berenang atau berjalan kaki.
7.       Pertimbangkan terapi alternatif
Menurut penelitian, tusuk jarum dapat mengurangi sakit punggung selama kehamilan. Chiropractic juga bisa membuat nyaman punggung pada sebagian ibu hamil.
Jika Anda ingin menjalani terapi alternatif, bicarakan terlebih dahulu dengan dokter kandungan. Dokter harus mengonfirmasi terlebih dahulu apa penyebab sakit punggung, apakah memang benar-benar karena Anda sedang hamil.
Terakhir, bagaimanapun umum kedengarannya sakit punggung, tetap saja jangan anggap enteng. Berkonsultasi dengan dokter adalah langkah terbaik jika sakit punggung tidak juga kunjung hilang atau berkurang, setelah Anda melakukan beberapa dari tujuh langkah tersebut. Apalagi jika punggung terasa sakit yang amat sangat dan disertai perdarahan.

No comments:

Post a Comment