Tips Hadapi Kehamilan Lewat Waktu

Tetap tenang adalah cara terbaik melewati hari-hari menjelang persalinan.
Tapi tips berikut juga penting:
·         Berkunjung ke rumah teman yang berdekatan dengan rumah Ibu. Bila rumah Ibu dan rumahnya berdekatan dan lingkungannya nyaman, Ibu bisa melakukannya dengan berjalan santai. 
·         Belanja stok makanan bersama suami. Ketika bayi lahir, kesibukan Ibu pasti bertambah. Mungkin Ibu tidak akan sempat berbelanja samapi beberapa waktu.Berjalan-jalan di mal. Melihat-lihat baju atau sepatu bersama teman akan mengalihkan pikiran dari kehamilan Ibu. Ibu juga bisa melakukannya bersama suami, asal jangan sendirian.
·         Mintalah teman dan keluarga agar  tidak menelepon pada jam-jam sebelum persalinan. Katakan pada mereka bahwa Ibu akan menelepon ketika persalinan benar-benar akan terjadi.
·         Lakukan hal yang disukai bersama suami. Setelah persalinan, sementara waktu mungkin akan Ibu sulit punya waktu berduaan dengan suami.
·         Berbenah rumah bersama suami untuk menyambut buah hati seru juga dilakukan. Tapi lakukan pekerjaan yang ringan saja. Selebihnya, biar suami yang mengerjakan.
·         Siapkan baju menyusui. Supaya kegiatan menyusui lebih mudah  sekalipun di tempat umum, gunakan baju khusus menyusui dengan bukaan di bagian payudara. Atau gunakan semacam celemek khusus menyusui yang kini banyak dijual.
·         Hemat energi Ibu untuk persalinan dengan cukup istirahat.
·         Jika Ibu merasa persalinan akan terjadi, tapi Ibu belum yakin, hubungi dokter dan ikuti sarannya.
Bagaimana Bila Kehamilan Lewat Waktu?
Perkiraan waktu kelahiran bayi Ibu yang sudah dihitung dengan kalkulator kelahiran, bukanlah harga mati. Empat dari lima bayi, lahir meleset dari tanggal yang diperkirakan. Ini biasa terjadi.
Dokter akan memberikan saran tentang apa yang sebaiknya Ibu lakukan sambil menunggu saatnya persalinan.

No comments:

Post a Comment