Tips Cermat Memilih Dokter Kandungan

Tips cermat memilih dokter kandungan untuk Anda:
1. Tempat Praktik.
Jangan memaksakan diri memilih dokter dengan reputasi terkenal, tapi tempat praktiknya sangat jauh dari tempat tinggal Anda. Selain repot disaat masa kehamilan -untuk pemeriksaan rutin- Anda pun akan repot saat masa kelahiran itu tiba. Mengapa? Karena alangkah baiknya jika dokter yang memeriksa Anda selama masa kehamilah adalah dokter yang menangani kelahiran buah hati Anda pula.
2. Waktu Praktik.
Pilihlah dokter kandungan yang memiliki jam praktik sesuai waktu luang Anda. Lebih baik lagi, bila dokter tersebut juga membuka praktik di hari sabtu, sehingga Anda dapat mengunjunginya dengan lebih leluasa.
3. Dokter Pria Atau Wanita?
Hal ini sangat subyektif (preferensi). Ada ibu hamil yang merasa lebih nyamana bila diperiksa oleh dokter wanita, tapi ada juga yang tidak terlalu mempermasalahkan soal jenis kelamin dokter yang akan menangani proses kehamilan dan persalinannya. Soal ketrampilan dan reputasi, nyaris tidak ada bedanya antara dokter kandungan pria dan wanita. Jadi, semua terpulang kepada Anda masa yang paling pas untuk Anda.
4. Komunikatif dan Bersedia Dihubungi Setiap Saat.
Hal ini perlu Anda pertimbangkan, mengingat banyak hal yang mungkin ingin Anda ketahui. Begitu pula dengan kesediaan dokter untuk dihubungi setiap saat jika Anda perlukan. Sebab, bukan tidak mungkin ada masalah atau keluhan yang muncul secara tak terduga, dan perlu Anda konsultasikan dengan dokter.
5. Sesuai Kebutuhan.
Bila Anda mempunyai riwayat kesehatan tertentu, misalnya pernah keguguran atau terinfeksi TORCH, pilihlah dokter yang memiliki pengalaman mengangani kasus tersebut. Atau ada beberapa dokter yang berprindip bahwa kelahiran alamni merupakan prioritas utama dan kelahiran caesar meruapakan alternatif terakhir. Disini, Anda biasanya akan diupayakan dengan berbagai cara agar dapat melahirkan secara alami. Karena pada praktiknya, banyak dokter yang langsung mengambil keputusan kelahiran caesar, dengan perimbangan-pertimbangan keuntungan.
6. Haruskah Sesuai Rujukan Asuransi/Kantor?
Idealnya, dokter kandungan merupakan rujukan dari asuransi yang Anda miliki. Sayangnya, saat ini masih sangat jarang asuransi yang mau mengganti biaya persalinan. Jadi, jika Anda mau, Anda perlu berbeuru informasi dengan detil saat memilih asuransi.
7. Testimonial. Ada baiknya setelah poin-poin diatas Anda jadikan sebagai pertimbangan, testimonial juga perlu Anda gunakansebagai pertimbangan tambahan. Misalnya, tangayak kepada saudara, teman atau rekan kerjayang pernah menggunakan jasa dokter dimaksud, bagaimaan pelayanannya, penanganan persalinan serta penanganan pasca persalinannya, sehingga Anda merasa mantap dan tidak ada keraguan ketika pada saatnya menggunakannya
Source: http://tipsanda.com/2009/05/18/tips-cermat-memilih-dokter-kandungan/

No comments:

Post a Comment